Kamis, 10 Mei 2012

GURU BERPRESTASI


MENGAPA SAYA LAYAK SEBAGAI
GURU BERPRESTASI

Guru merupakan cita-cita saya sejak masih dibangku sekolah dasar, dengan alasan yang cukup sederhana yaitu:  “orang  yang mengajarkan ilmu keabaikan kepada orang lain  akan mendapatkan derajat yang tinggi disisi Alloh”. Jika ilmu yang saya ajarkan diajarkan ke orang lain lagi dan memberi manfaat maka pahala dan derajatnya akan semakin tinggi. Saya tinggal di Purwokerto, tepatnya kelurahan Tanjung, setiap pagi saya harus berangkat menuju  SMP Negeri 1 Gumelar yang jaraknya kurang lebih 40 kilo meter tidak merasa terbebani.  Setiap setengah enam pagi saya sudah bersiap- siap untuk berangkat supaya tidak terlambat sampai di sekolah. Malahan kami sering kejar- kejaran dengan bapak Aji Kusmanto, Kadang kala dengan  bapak Hari Raharjo, bapak Ibnu Tapip  dan sering sekali satu bis dengan bapak  Bangun  Sungkono  ketika beliau masih di SMP 2 Lumbir yang sejalur kearah barat. Tapi yang  paling  sering adalah dengan bapak Dibyo Yuwono kepala sekolahku sendiri pada waktu itu.
Banyak teman –teman yang menyarankan supaya saya pindah ditempat yang lebih dekat, namun saya  masih pikir –pikir karena selama 20 tahun saya mengajar di SMP Negeri 1 Gumelar belum ada satupun drop-dropan guru yang ijazahnya pendidikan fisika. Mungkin ini cobaan saya agar berlatih sabar. Sebagai manusia biasa  saya juga ingin dekat dengan tempat bekerja namun karena pengganti saya jurusannya belum tepat aku belum tega untuk melepaskan karena terbayang nilai anak-anak tidak sesuai harapan jika diajar  oleh guru yang bukan jurusannya.  Kadang –kadang saya merasa kurang semangat kalau mau berangkat hujan deras, karena ingat  tugas dan tanggung jawab  saya  tetap  berangkat dengan senang hati,  dengan  mantel dan memakai sepatu boot agar dalam perjalanan merasa nyaman  dari cipratan air hujan maupun kendaraan lain.
Sebagai tuntutan guru yang harus memiliki kualifikasi akademik dan agen pembelajaran, sehat jasmnai dan  rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan Tujuan Pendidikan  Nasional ( permendiknas no 16 tahun 2007)  jauh sebelumnya saya berusaha untuk belajar.  Saya diangkat petrtama kali menjadi CPNS mulai tanggal 1, Maret 1992 dengan golongan  pangkat II/c dan ijazah yang saya memiliki Diploma III/ Akta Mengajar III. Saya berusaha untuk meningkatkatkan kualifikasi akademik. Saya  meneruskan   kuliah lagi tahun 1995 mumpung anak masih kecil belum banyak tuntutan biaya di Universitas Terbuka  UPBJJ  Purwokerto  dan tahun 1997 saya lulus Srata 1. Agaknya nasib saya  semakin  membaik  tahun 2009 saya sudah  lulus sertifikasi dan memperoleh sertifikat pendidik sebagai agen pembelajaran, sehat jasmnai dan  rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewuj udkan Tujuan Pendidikan  Nasional.   Dengan bekal mencintai profesi saya sebagai guru  berusaha untuk bisa memenuhi tugas saya : 1)memiliki pemahaman wawasan pendidikan 2) memahami peserta didik 3)merencanakan pembelajaran 4)melaksanakan pembelajaran, mendidik dan dialogis 5)mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki siswa. Hasil yang kami peroleh Nilai Ujian Nasional selama 3 tahun sebagai berikut:
Tabel perolehan nilai UN IPA tiga tahun berturut turut
Tahun Pelajaran
Nilai Ujian Nasional
Keterangan
B. Indonesia
Matematika
B. Inggris
IPA
2008/2009
2009/2010
2010/2011
7,81
8,07
7,66
8,08
6,55
6,31
5,78
5,98
6,25
7,52
7,29
8,07

Data diambil dari Hasil Ujian Nasional 3 tahun berturutan
Dari perolehan ujian nasional 3 tahun berturut turut IPA tetap diatas 7,00 dan memenuhi nilai standard nasional dan pada tahun 2010/2011 IPA memperoleh nilai tertinggi dari mata pelajaran yang lain di SMP Negeri 1 Gumelar. Dan IPA memperoleh peringkat 5 Kabupaten sekolah negeri dan peringkat ke 7 untuk sekolah negeri dan swasta.
Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki siswa, saya berusaha membimbing siswa untuk mengikuti lomba yang sesuai dengan bidang yang saya ampu dan pernah memperoleh hasil sebagai berikut:
No
Nama Siswa
Lomba Kejuaraan
hasil
Tahun
1
2
3
4

Galih Nur Afnani
Sely Dwi Lestari
Fitriana Ratih Ariningrum
Ratih Setiasih
Olympiade Fisika
Olympiade Fisika
Olympiade Fisika
Olympiade MIPA
SMA Ajibarang
Juara 2 Kabupaten
Juara 3 Kabupaten
Harapan 3 Kab
Juara 1 Kab
2005
2006
2009
2012

Saya sebagai pribadi Guru juga sebagai pribadi saya sendiri yang harus hidup dilingkungan masyarakat kompleks. Menjadi panutan  keluarga  harus  berwibawa dihadapan anak dan istri, bijaksana dalam memberikan penyelessaian masalah keluarga. Di lingkungan masyarakat  saya dipercaya  menjadi sekretaris RT dengan SK Lurah Tanjung ,kecamatan Purwokerto selatan. Saya mengabdikan diri dilingkungan masyarakat RT merasa senang karena saya bisa  membantu meringankan masyarakat yang memerlukan administrasi surat – menyurat  untuk kepentingan masyarakat. Mennjalin kerjasama dan juga keguyuban ditingkat RT dengan pengurus yang lain serta  masyarakat di lingkungan RT.

Sebagai makluk sosial apapun yang bermanfaat bagi orang lain dengan dasar “ Wamimma rojaqnahum yunfiqun……. “  dan dari sebagian dari rejekimu infaqkan                  ( sodakohkan ),  maka dengan dasar    Alloh tesebut saya tersentuh untuk ikut infaq dan sodakoh melalui Badan  Amal Zakat “LAZIZ” yang dikelolala oleh pengurus  muhammadiyah  Tanjung  guna  meringankan  masyarakat  yang  membutuhkan . Dan darah saya juga saya  donorkan ke orang lain yang membutuhkan melalui PMI.   
Sebagai guru untuk menambah pergaulan saya ikut organisasi profesi MGMP, PGRI maupun Pengurus RT.
No
Nama orga-nisasi
Kedudukan  dalam Organisasi
Tahun
Nama Pimpinan
1
2
3
4
5

6

MGMP
MGMP
PGRI
RT
MGMP

MGMP

Ketua
Bendahara
Wakil Ketua
Sekretaris
Bendahara

Sekretaris
2000-2003
2003-2005
2005-2009
2005-2008
2005-2008

2009-2011
Muh. Ardani, S.Pd,M.Pd
Drs. Sutjipto DS
Drs. Tursim
Wahyu Adhi Fibriyanto,S.STP
Drs. H. Haris Nurtriono, M.Si
Drs.Purwadi Santoso, M.Hum

Pada tahun 1993 ada lomba guru mengenai karya ilmiah dengan berbekal kemampuan  yang  sedikit  saya  mencoba  ikut  barang kali bisa menambah pengalaman saya membuat karya ilmiah dengan judul “ Pengaruh  Grafitasi  Bumi Terhadap Cahaya Matahari “  dan  Alhamdulillah  pada ulang  tahun  UNSOED tersebut makalah saya diikutkan dalam seminar. Pada tahun 2003 ada lagi lomba menulis karya ilmiah PTK pada waktu itu saya belum mengenal sedikitpun makalah PTK atas usul kepala sekolah waktu itu bapak  Daud  Dwi  Sudarto  saya disuruh ikut padahal tidak punya bekal sama sekali tentang PTK saya membuat sebisanya, kalau sekarang melihat makalahku sendiri saya jadi  malu rasanya tidak bunyi sama sekali. Namun itu menjadi  berkah  bagi saya, karena saya diikutkan SIMPOSIUM GURU ke IV tingkat Nasional di Kota Batu Malang JATIM.
Dari sini kami melihat presentasi wakil dari semua propinsi di wilayah Negara Kesatuan  Republik  Indonesaia sehingga saya banyak sekali memperoleh wawasan mengenai PTK. Bermacam –macam model pembeljaran sebagai dasar PTK. Pengalaman ini membuat saya semakin beinstrosfeksi untuk lebih meningkatkan kemampuan mengajar dengan baik dan menyenangkan, ternyata di dunia luar hebat –hebat. Tahun 2005 ada tes penjarungan PTBK ( Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi ) saya dan rekan rekan IPA dari Kabupaten Banyumas terpilih 5 orang untuk mengikuti ToT tingkat nasional di PPPG Bandung yaitu: Suhriyanto dari SMP N 2 Baturaden, Rumbiyono dari SMP N 3 Purwokerto, Suparjo dari SMPN1 Gumelar ( saya sendiri ), Imam Sujono  dari  SMPN 4  Purwokerto, dan Tugino dari SMP N 2 Sumbang. Pada Pelatihan  ini saya  dan  rekan- rekan memperoleh banyak sekali pengalaman baik materi maupun model pembelajaran kurikulum dan penjelasan KTSP pertama yang sedang dalam proses akan diluncurkan.
Menjelang akhir tahun 2006 tepatnya bulan September ada lomba Inovasi pembelajaran bagi guru. Karena desakan dari rekan-rekan pengurus MGMP saya diharuskan untuk mewakili IPA Fisika dan pak Trisnatun mewakili IPA Biologi, saya hanya pasrah karena ini tugas dari MGMP dan menjadi kebahagiaan tersendiri Alhamdulillah  saya terpilih menjadi juara 1 tingkat  Propinsi Jawa Tengah  untuk  IPA dan  mewakili Propinsi untuk maju ke tingkat Nasional. Sekalipun di tingkat nasional belum menang namun saya cukup senang karena dapat menambah wawasan dan teman.
Sebagai guru yang professional saya  dituntut  untuk membuat karya ilmiah sekalipun ini pekerjaan  yang suli t 6 tahun  saya baru mampu membuat 3 makalah dan satu lagi masih dalam proses untuk rencana naik pangkat ke IV b. Adapun  makalah  yang pernah  saya buat  adalah:
1.      Pengaruh Grafitasi Bumi Terhadap Cahaya Matahari ( 1993)
2.      Inovasi Model  Pembangkit  Listrik Tenaga Uap  Untuk  Menunjang  Metode Demonstrasi  Dalam  Pembellajaran  Konsep kalor  Kelas II SLPN 1 Gumelar      ( 2003)
3.      Reward  Card dan Pendekatan Inquiry Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Sains Fisika Pada siswa 8E SMPN 1 Gumelar Tahun Pelajaran 2006/2007 (2006 )
4.      Groups Competition Leraning Sebagai upaya Peninghkatan Motivasi Belajar Sains Fisika pada Siswa Kelas 9F SMPN 1 Gumelar Tahun Pelajaran 2007/2008   ( 2008)
5.      Upaya peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Groups  Competition Leraning pada Siswa Kelas 9D SMPN 1 gumelar Tahun Pelajaran 2010/2011.  ( 2011)
6.      Upaya Peningkatan Hasil Ujian Nasional IPA melalui Tehnik DRiL SMP Negeri 1 Gumelar tahun Pelajaran 2011/2012  ( masih menunggu data  hasil UN 2012)
Dan masih ada satu penelitian lagi yang masih belum selesai masih menunggu hasil nilai Ujian Nasional sebagai data pelengkap.
Sebagai guru yang professional saya juga pernah  membimbing teman sejawat dalam kegiatan MGMP maupun kegiatan sekolah . Pada pengembangan Profesi yang lain saya dan rekan –rekan MGMP IPA telah menerbitkan Buku DISCOVERY Menguak  Rahasia Alam selama  6 Tahun yaitu mulai tahun 2006  hingga sekarang sudah ada 7 buku yang telah terbit.
Demikian deskripsi saya, apakah saya layak menjadi guru berprestasi ? itu semua saya  sendiri  tidak  bisa menilainya,  yang  menilai saya adalah orang lain karena seandianya  saya melihat  saya sendiri tidak mungkin menjangkaunya. Saya pasrahkan kepada panitia.  Saya  tahun 2008 pernah mengikuti guru berprestasi seperti ini baru mencapai peringkat 4 besar, maka saya berharap  semoga Tuhan memberi berkah tahun ini  bisa meningkat lagi sekalipun hanya sedikit amien.


2 komentar:

  1. Bagus sekali Pak postingan Panjenengan ,aku suka .Memang Benar kita harus optimis dan yakin dengan potensi diri yang kita miliki apalagi kalau Panjenengan telah melakukan evaluasi diri berdasarkan kualifikasi yang dimiliki .....shiiiip !!!! ,aku juga yakin Panjenengan akan sukses. Semoga persepsi penilai juga demikian .Semoga sukses.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sudah ada Blog, Semoga bermanfaat untuk para pembaca

    BalasHapus